Minggu, 14 April 2013

Sebenernya masih bingung mau kasih judul apa di postingan ini, jadi masih untitled. Dan harus mulai cerita dari mana, hehehe. Jadi gini, aku sekarang lagi ikut bimbingan belajar di zenius.net, mungkin beberapa diantara kalian udah tau kan ya zenius.net itu apa? Kalo yang belum tau bisa buka deh websitenya yaitu zenius.net aku bakal dikit jelasin ya, jadi zenius.net itu adalah sebuah website untuk pembelajaran jadi kita bisa les tanpa harus dateng ke tempat khusus, cuma berbekal modem sama laptop kita udah bisa les kapanpun dan dimanapun tentunya ada ketentuan berlakunya ya. Dikit aja ya promosinya, hehehe. Go back to the topic. Les di sini itu lebih efektif dan efisien, dan aku merasa dapetin banyak hal yang sangat bermanfaat selain materi pelajaran yang diberikan. Jadi di website itu ada sebuah konten yang memberi kita informasi bagaiamana cara belajar yang benar, mebangun cara berpikir kritis, membangun goals and motivation dan masih banyak lagi. Salah satu tentor yang menurutku sangat inspiratif di situ namanya adalah Sabda. Dia banyak membagi informasi yang bener-bener bisa nge-boost semangat. Nah, di dalam postingan ini aku ingin membagi beberapa informasi yang aku dapetin dari tentor ku ini untuk kalin semua. Niat ku sih cuma ingin berbagi, semoga bisa benar-benar bermanfaat, aminnn.


Jadi kecerdasan itu dibentuk dari 2 hal, yaitu Hardware dan Software nya. Apa yang disebut hardware? Apa yang disebut software? Okay, aku jelasin satu persatu ya.

Jadi yang dimaksud harware di sini adalah kapasitas otak kita, setiap orang telahir tentu dengan memori otak yang berbeda-beda. Setiap orang terlahir juga memiliki IQ yang berbeda-beda. Namun, IQ dan memori otak kita ini masih bisa di rubah lho, masih bisa kita usahakan peningkatannya. Bagaimana caranya? Sederhana sebenarnya salah satu caranya yaitu dengan minum suplemen Omega 3. Omega 3 ini memang bermanfaat untuk mencerdaskan otak karena mengandung zat DHA. Untuk lebih meyakinkan coba buka artikel ini. Dulu sebelum aku tahu tentang informasi ini aku memang udah mengkonsumsi Omega 3, tapi nggak pernah rutin. Tapi setelah tahu informasi ini aku sekarang udah rutin buat mengkonsumsi Omega 3, yg ternyata juga bagus untuk kesehatan jantung. Hasilnya? Setelah rutin sekitar 2 bulan mengkonsumsi Omega 3, jujur aja sih aku ada sedikit perubahan walaupun belum signifikan. Pertama, aku jadi jarang ngantuk di kelas kalo habis begadang ngerjain tugas, terus penglihatanku (aku punya minus 4 di mata kanan dan kiri) jadi lebih tajam dan lebih jelas dari biasanya. Untuk masalah mengingat suatu hal, juga sudah sedikit ada progress walaupun emang dasarnya aku sedikit pelupa hehehe.

Nah, kalo yang dimaksud dengan software adalah lebih ke isi pikiran dan pola pikir kita.
"Kita adalah hasil dari pemikiran kita sendiri " - Sabda
Kalian ada yang tau maksud dari kata-kata di atas? :) Jadi, diri kita ini merupakan cerminan dari apa yang selama ini kita pikirkan atas diri kita, misal nih ya kita beranggapan bahwa mata kuliah anatomi fisiologi itu susah, aku nggak bisa bla bla bla secara berulang-ulang. Hasilnya ya kita bakalan nggak bisa, bakalan kesusahan sama mata kuliah anatomi fsiologi itu. Jadi, berpikir positive itu bener-bener besar manfaatnya lho. Untuk memperkuat software kita juga harus punya konsep diri yang kuat. Konsep diri itu apa? Konsep diri merupakan persepsi diri kita tentang sifat dan kemampuaan kita (kebetulan habis dapet kuliahh konsep diri hehehe) Jadi kita harus terus-terusan berfikir yang +++ yang baik-baik tentang diri kita agar hasilnya pun bisa bener-bener bagus. Ini sekedar advice aja, kalo bisa setiap hari setelah bangun pagi sempatkan untuk ngucapain "Aku bisa! Aku cerdas! Aku mampu!" atau apalah yang pingin kalian punya di diri kalian. Pikirin itu secara berulang-ulang dan terus-menerus lama-lama kalian akan jadi apa yang kalian pikirkan.

Mungkin segini aja yang bisa aku bagi, semoga bisa bermanfaat. Jangan langsung ditelan mentah-mentah ya, saring aja deh mana yang menurut kalian bagus ya silakan diambil, yang jelek digeletakin aja hehehe. Saran dan komentar sangat dibutuhin. Ohya, a bunch of thanks for my fav tentor ever, Sabda. Thanks ya da, lo emang semangat-booster dan mood booster banget! :)

2 komentar: